Pengalaman Tes Kerja di Nutrifood

Halo Guys!

Kali ini aku mau cerita trentang pengalamanku saat seleksi kerja di Nutrifood. Tau kan Nutrifood itu perusahaan apa? Itu loh kalian pasti udah familiar sama produk Nutrisari, Hi-Lo, L-Men dan lain sebagainya kan? Nah Nutrifoodlah produsennya!

Kenapa waktu itu aku tertarik untuk daftar Nutrifood? Because I love the company value : Office as Our Second Home.

Sebagai fressgrad millenials pasti demen banget dong kalo punya kantor yang punya value ?work life balance?, bikin kerja jadi betah dan lebih fun, jadi setelah lulus aku langsung ja apply ke nutrifood via website http://www.nutrifood.co.id/join-us/ .

Nah apa aja sih tahapan seleksinya ?

SELEKSI ADMINISTRASI

Nah tahap pertama yang harus kamu lalui adalah seleksi administrasi, kamu harus mengisi data diri dan submit CV di website Nutrifood, kurang lebih seperti ini :

Nah setelah isi kita tinggal menunggu surat cinta dari HRD untuk panggilan tes tahap selanjutnya. Fase ini lumayan tricky kalau aku dulu sih belum ada sebulan sudah dapat surat panggilan psikotes, tapi ada juga teman kampusku yang baru dapat konfirmasi setelah 2 bulan atau bahkan 3 bulan hiks

 

PSIKOTES

Psikotes dilaksanakan di kantor Nutrifood di daerah Jakarta Utara, mulai sekitar jam 8 pagi. Pada tahapan ini kamu akan diberikan formulir essay yang nantinya kamu isi sesuai dengan pengalaman dan kepribadianmu. Dalam formulir ini kamu akan ditanya tentang kehidupan kampus kamu (ada 8 pertanyaan kalo nggak salah), tentang skripsimu, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, pekerjaan seperti apa yang kamu inginkan, pengalaman terbaik dan tersulit dalam diri, maupun yang berkaitan tentang posisi yang akan kamu lamar nantinya. Intinya sih jawab to the point aja, sharp & concise jangan bertele tele.

 

Nah setelah selesai mengisi essay kamu akan melalui beberapa tahapan tes psikotes :

  • Melanjutkan kata-kata ?saya??? sebanyak-banyaknya dalam 3 menit. Kayaknya sih tes ini untuk mengetahui seberapa besar sih self awareness kamu? Seberapa tau sih kamu tentang dirimu sendiri? Oke ini kayanya gampang tapi kalo lagi grogi (secara 3 menit doing ya book) kita bisa loh tiba-tiba blank mau nulis apa :??)) so better pikirin dulu deh mau isi apa aja.
  • TPA kira-kira ada 50 soal 12 menit, dan 55 soal 15 menit, jadi ada 2 tahap.
  • EPPS dan DISC Test. Tes ini tentang kepribadian diri kamu, bisa search di internet untuk tau gimana gambaran tes EPPS dan DISC banyak kok reviewnya. Ini sekitar 5 menit dan 10 menit kalo ga salah.
  • Tes logika dan penalaran. Di tes ini ada soal-soal gambar dan kita diminta menentukan gambar terakhir seperti apa jika gambar 1-7 diketahui. (Waktunya tidak diberi tahukan, tapi kayanya sih 15 menitan)
  • Warteg tes (melanjutkan gambar yang sudah tersedia). Tips dari aku sih gunain aja kreatifitasmu, banyak juga tips ngerjain warteg di internet. Waktu 15 menit.
  • Membuat gambar dari lingkaran-lingkaran. Gunain kreativitasmu buat lingkaran jadi balon udara, kucing, apapun lah sebanyak banyaknya. Waktu 5 menit.
  • Gambar Orang dan Gambar Pohon waktu masing-masing 5 menit. Untuk gambar orang kita diminta juga menentukan orangnya siapa, apa yang sedang dia lakukan, umur dan gendernya apa. Untuk gambar pohon kita diminta untuk menggambar pohin yang berkayu dan bukan pohon beringin.
  • Tes Sinonim dan antonim kata & Tes Matematika dasar dan deret angka Usahakan dalam setiap tahapan di tes ini kamu jangan terpaku dengan satu soal yang kamu anggap sulit. Lewati dan cari soal yang termudah dahulu dan kerjakan semuanya dengan cepat dan tepat, dikarenakan waktu dan jumlah soal yang akan kamu terima sangat sedikit untuk bisa dikerjakan.

?

Nah tes psikotes ini hasilnya langsung keluar! Kita Cuma diminta nunggu selama istirahat makan siang gitu terus tiba-tiba udah dipanggil aja nama-nama yang lolos ke seleksi tes berikutnya. WOW deg-degan ga sih. Oiya waktu itu aku apply Marketing Promotion Executive dan Product Development Executive

 

INTERVIEW HRD

Seperti interview HRD kebanyakan sih, intinya kamu ditanya :

  • Pengalaman semasa kuliah
  • Pengalaman organisasi
  • Pengalaman kerja
  • Tahu darima lamaran nutrifood ini
  • Mengapa ingin mengambil posisi ini
  • Penempatan yang akan kamu terima, kalau missal ditempatkan di luar jawa mau nggak?

 

INTERVIEW USER

Interview dengan manager ini pertanyaan masih sama seputar kepribadian diri dan pengalamanmu sebelum bekerja dan pengalaman pada saat bekerja jika ada. User nantinya juga akan lebih membicarakan bagaimana pekerjaan yang nantinya akan kamu temui diperusahaan ini. Nah waktu di tahap ini aku di offer untuk marketing promotion executive nya, si user bakal nanya what?s your understanding of this role? What will you going to do if you are accepted? What?s your goals & Ambition? Di akhir interview dia juga bakal nanya balik ada pertanyaan lagi ngga kalau dari kamu? Nah menurutku ini kesempatan bagus buat kamu nanya dan show that you are passionate with this role. Waktu itu sih aku Tanya ?You already know about my ambission & plan for this role, but I wanna ask what?s actually this company goal for the next 1 year or three years? How will you bring this division to achieve that goal?? dan beberapa pertanyaan pribadi sih soalnya usernya asik banget waktu itu hahaha

 

MEDICAL CHECK UP & BENEFIT OFFERING

Waktu itu sempet lumayan lama nggak ada kabar dan jeng.. jeng? ada email masuk saying congratulation that you are now being a part of ?Rumah Kedua? ! tapi saying waktu itu aku udah terima offer dari perusahaan lain so yeaah see u again Nutrifood, it such a great pleasure to know you J

Nah segitu aja sharing dari aku, feel free to comment if you guys have any question ya!?

Cheers,

R

    1. Halo Fatma! Salam kenal 🙂
      Kalau untuk interview HR, pengalaman saya tidak menggunakan Bahasa Inggris, tapi kamu tetap harus mempersiapkan ini tentunya 😉
      Good luck!

          1. Haii min mau tanya lagi dong, ketika user ngajuin pertanyaan in english kita bsa jawab pake bahasa indo gak?

          2. Hai Lala!
            Usahakan menjawab pertanyaannya juga dengan Bahasa Inggris ya. Karena jadi salah satu penilaian juga lho. Yuk persiapkan dengan baik 🙂
            Good luck, Lala!

          3. Min mau nanya juga dong, untuk proses seleksinya apakah semuanya di 1 hari itu, atau hari pertama seleksi psikotest sampai mana? terimakasih

          4. Hi Fachrul!
            Tidak dalam satu hari,waktu saya dulu sampai dg interview HR di hari yg sama tapi interview user di hari yg berbeda.

  1. Saya dapat confirmation letter 2 hari setelah submit data diri. Isinya katanya datanya akan di proses dan akan diinfokan kembali kalo ada job (maks. 1 thn) nah mau tanya apakah kakak dulu dapat confirmation letter seperti itu dulu atau langsung dapat confirmation letter untuk tes? terimakasih kak:)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Reviews

More Stories
Perspektif Baru Dalam Dunia Pendidikan di Indonesia – Pengalaman Kerja di CIPS sebagai Researcher