Pengalaman Tes Seleksi MDP Mayora

Halo sobat sebulan!

How?s life? Masih bingung cari kerja apa? Since you end up here I guess you are in the selection process of MDP Mayora, so since I?m a nice & humble person :p I would like to share my MDP Mayora selection process journey to help you guys hahaha

Untuk kamu yang rajin datang ke Job Fair pasti udah nggak asing lagi sama program MDP Mayora, yup Mayora emang rajin hadir di Job Fair-Job Fair kampus seperti UGM, ITB, UI dan lain sebagainya. MDP (Management Development Program) merupakan program percepatan karir yang dimiliki oleh Mayora. Untuk kualifikasinya berasal dari semua jurusan dan batas maksimal usia yaitu 25 tahun. Mayora merupakan perusahaan FMCG atau Fast Moving Consumer Goods yang sudah terkenal di Indonesia salah satu produknya adalah : Le Minerale, Better, Beng-beng, Choki-Choki dll.

Nah di tahun ini MDP dibuka di 6 divisi yang bisa kalian check di website Mayora : https://mayora.com/career/working-at-mayora/

 

Jadi apa aja sih tahapan seleksinya?

Psikotest

Nah setelah sebelumnya apply melalui Job-Fair ECC UGM sehari setelahnya aku mendapatkan sms undangan untuk psikotes MDP Mayora. Sebelum mulai tes kami dikumpulkan di suatu ruangan untuk diberikan penjelasan mengenai company profile dari Mayora Indah, dan juga penjelasan mengenai program MDP ini secara umum. Dijelaskan juga bahwa sistemnya menggunakan sistem gugur seperti program rekrutmen lainnya.

Untuk soal psikotestnya hampir sama sih dengan tes psikotest di perusahaan lainnya yaitu berupa tes EPPS, tes kepribadian, tes menggambar pohon dan orang, tes koran atau pauli kreaplin (OMG ini paling bikin puyeng dan mata juling si :??), tes matematika dasar dan deret angka, dan tes pola gambar.

Waktu nya cepet banget dan sangat membutuhkan konsentrasi penuh, so better you have a good rest prior the test!

Nah setelah selesai psikotes kami diminta menunggu sebentar sambil ISOMA, tidak lama kemudian recruitersnya mengumumkan siapa saja yang lolos ke tahap selanjutnya.

Wawancara HRD

Well this interview process is all in English, seperti kebanyakan interview HRD pada umumnya disini kamu bakal ditanya seputar diri kamu, pengalaman selama kamu berada di kampus, aktif di organisasi atau kegiatan apa aja, masalah apa saja yang kamu temui semasa kamu kuliah beserta solusi yang kamu peroleh atau apakah ada pengalaman kerja yang kamu miliki. Oiya kamu juga bakal di tanya tentang apa strength dan weakness kamu.

Keliatannya sih yang dicari untuk kandidat MDP ini ialah orang memiliki sisi leadership yang tinggi sesuai dengan program percepatan karirinya yang menuntut kamu menjadi seorang manager. So, if you are actively involved in organizational activities, it will be a value added for you!

FGD (Focus Group Discussion)

Pada proses FGD peserta di bagi menjadi beberapa kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang.Tugas yang diberikan ada saat FGD adalah memecahkan sebuah kasus misalnya : perusahaan X dan Y dimana perusahaan ditersebut akan dimerge (digabung) dan dari karyawan yang ada pada kedua perusahaan peserta secara berkelompok harus berdiskusi untuk memilih karyawan mana saja yang harus dipertahankan. Proses FGD ini berlangsung kurang lebih 20 menit, dan diawasi oleh pihak HRD. Pada proses FGD peserta akan diberikan kertas kecil, usahakan mencatat point penting yang didiskusikan. HRD akan menilai bagaimana cara kita berkomunikasi dan mengajukan pendapat pada peserta lainnya. Jadilah pribadi yang aktif namun tidak memaksakan kehendakmu sendiri. Coba untuk menerima saran maupun kritik dari tiap peserta yang ada. Saat menyampaikan pendapat jangan bertele-tele sharp & concise sesuai dengan solusi permasalahannya, PD tapi jangan songong :p

Presentasi Mayora

Yap congrats kalau kamu sudah di tahap ini! Intinya sih di tahap ini kita diuji presentation skill-nya (Off course as a leader you have to be able to present your ideas brilliantly).

Pada tahap ini kamu diberikan sebuah gambar dan diberi waktu untuk memahami gambar tersebut selama 3-5 menit kemudian kamu akan diminta untuk mempresentasikan gambar tersebut selama 3 menit.? Nah waktu itu gambar yang aku dapat adalah gambar sebuah lapangan dengan pohon pohon yang ditebang, kemudian dibangun papan iklan yang bertulisankan ?save earth? dan ?go green?. Jika kamu merasa percaya diri menggunakan bahasa inggris maka lebih baik kamu menggunakan bahasa inggris sebagai penjelasannya, kalau tidak cukup pede maka bahasa indonesia saja juga nggak papa tapi tetap nilai plus bagi kamu yang bisa berbahasa inggris lebih lancar. Nah, usahakan pada proses presentasi ini kita tidak hanya menjelaskan permasalahan yang ada pada gambar, namun juga dapat memberikan solusi dari permasalahan yang ada.

Interview User

Nah interview user ini dilakukan di kantor Mayora. Kita akan dipertemukan oleh head of division dari MDP yang kita daftar, pertanyaannya pun beda-beda tergantung usernya, tapi overall yang ditanyakan adalah seputar : perkenalan diri dan kehidupan pribadi kita (bahkan ditanya kapan target menikah? Sudah punya pacar belum? Hahaha), penjelasan mengenai tugas akhir dan yang paling bikin agak tegang adalah user akan memberikan contoh soal atau sebuah kasus yang harus kamu selesaikan saat itu juga. Biasanya berupa tes hitung cepat atau bisa soal cerita. Usahakan untuk tidak terburu buru dalam menjawabnya. Kamu masih boleh kok untuk berfikir terlebih dahulu dan itu di perbolehkan. Kita juga bakal ditanya-tanya seputar hal-hal yang kita tulis di CV kita. Intinya sih just be your self dan PD aja, jika kamu lolos tes ini tahapan selanjutnya dalah MCU dan offering, Good luck!

Latest Reviews

More Stories
Pengalaman kerja HOLISTICS sebagai Sales