Tips Meluluhkan Hati Orang Tua Agar Kamu Bisa Bekerja Sesuai Passion

Halo guys!

Apakah kamu sedang merasa bingung mengenai karir yang harus kamu tempuh setelah lulus? Di masa-masa ini, orangtua seringkali melakukan intervensi terhadap pilihan karir di masa depan. Sangat sulit untuk menghindari pengambilan keputusan tanpa melibatkan orangtua. Apabila pandangan kalian selaras, tentu tak jadi soal. Namun, bagaimana jika passionmu dan keinginan orangtua saling bertentangan?

Nah, jika kamu mengalami hal ini, jangan khawatir. Pada dasarnya, orangtua hanya menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Akan tetapi, mereka belum menyadari sepenuhnya bahwa kamu juga sudah bisa menimbang apa yang sesungguhnya baik buat kamu. Untuk itu, cobalah luluhkan hati orangtuamu dengan cara-cara sebagai berikut.

Berdiskusi dengan Orang Tua

Ingat ya sobat, berdiskusi tentang perihal yang serius membutuhkan keseriusan sikap juga. Pilih waktu yang tepat untuk berdiskusi, misalnya ketika suasana rumah sedang tenang. Ajak orangtua untuk duduk bersama dan sampaikan apa yang menjadi pilihanmu. Tak kalah penting, tunjukkan sikap yang penuh percaya diri untuk menunjukkan bahwa kamu telah benar-benar siap.

Tentu saja, orangtua akan balik melontarkan pertanyaan-pertanyaan atas statement yang kamu sampaikan. Bukan tidak mungkin, orangtua menentang pilihanmu disertai dengan alasan-alasan? yang mereka yakini. Jika ini terjadi, jangan mudah menyerah ya sobat! Jangan sampai kamu kesal dan malah terbawa emosi. Justru kamu harus senantiasa bersikap tenang dan berikan alasan-alasan logis yang menjawab keraguan orangtuamu.

Tunjukkan Bahwa Passion Sesuai Kemampuan

Saat ini, ada banyak orangtua yang memiliki pandangan tertentu mengenai karir terbaik di luar sana. Contohnya, beberapa orangtua menganggap bahwa seseorang belum benar-benar ?sukses? jika belum bekerja di Bank. Orangtua lainnya menganggap bahwa PNS adalah pekerjaan idaman karena hidup terjamin sampai pensiun. Persepsi ini kemudian mendorong orangtua untuk memaksa anaknya agar memilih pekerjaan terbaik menurut mereka.

Pada hakikatnya, pekerjaan apapun baik. Namun, apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan kemampuanmu? Jika minat dan keahlian kamu ada pada video editing dan desain grafis, apa iya kamu harus bekerja di Bank sesuai dengan keinginan orangtuamu? Well, inilah mengapa kamu harus mengenali passion dan keahlianmu yang sesungguhnya.

Bagaimana cara menunjukkannya? Perlihatkan pada orangtua bahwa kita bisa berprestasi pada bidang tersebut. Bahwa kita bisa memenangkan kontes atau menghasilkan serious money dari keahlian yang kita miliki. Kamu juga bisa menunjukkan portofoliomu kepada orangtua dan jelaskan kemana arah visi dan misimu ke depannya. Apabila kamu yakin atas apa yang kamu lakukan, tentu orangtuamu akan percaya pada keputusanmu.

Konsisten dengan Keputusan yang Kita Ambil

Coba ingat-ingat, apakah kamu suka berubah-ubah dalam mengambil keputusan? Jangan-jangan, di satu hari kamu bilang ingin pekerjaan x, namun di lain waktu kamu ingin bekerja sebagai y. Bisa jadi, ini adalah alasan mengapa orangtuamu terkesan ?memaksakan? kehendak mereka terhadap pilihan karirmu. Soalnya, kamu sendiri belum punya alasan dan arah yang jelas. Akibatnya, orangtua menjadi khawatir dan step up lebih jauh ke dalam hidupmu.

Untuk menghindari hal ini, kamu harus berusaha untuk lebih konsisten. Gigihlah dalam meraih apa yang kamu inginkan di suatu bidang. Lakukan secara perlahan dan terus menerus agar orangtua bisa melihat usahamu. Di saat kamu meraih keberhasilan-keberhasilan kecil, tunjukkan pada orangtuamu. Pembuktian ini akan semakin meningkatkan rasa percaya orangtua terhadapmu.

Buktikan Bahwa Pilihan Kita Membuat Kita Bahagia

Alasan lain yang membuat orangtua acap ?memutuskan? apa yang terbaik untuk anaknya adalah karena mereka merasa bahwa pilihan tersebut akan membuat anaknya bahagia. Masalahnya, tidak banyak orangtua bertanya pada anaknya apa yang sesungguhnya membuat mereka bahagia. Ketidaktahuan itu membuat orangtua berasumsi bahwa pilihan mereka lah yang paling tepat.

Oleh karena itu, buktikan pada orangtuamu bahwa passion pilihan kamulah yang sesungguhnya membuat kamu bahagia! Beri tahu mereka bagaimana kamu sangat menikmati apa yang kamu lakukan. Ceritakan bahwa saat melakukan passionmu, tidak ada beban maupun perasaan tertekan. Yang ada, kamu malah semakin bersemangat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan lainnya.

Compromise

Sesekali cobalah berpikir dari sisi orangtuamu. Siapa tahu, justru mereka lebih tahu kemampuan kamu. Mulailah dengan menelaah pilihan orangtuamu. Apa iya, pilihan tersebut sangat buruk dan bertentangan dengan kamu? Bisa jadi, pilihan tetsebut justru merupakan jalan kesuksesan kamu di masa depan. Oleh karena itu, alih-alih bersikap defensif buta, cobalah untuk berkompromi dengan pilihan-pilihan yang ada.

Misalnya, kamu bisa melakukan pekerjaan yang diinginkan orangtuamu sambil membangun reputasi sebagai fotografer atau pebisnis online yang handal. Ambil kerjaan freelance di akhir minggu untuk memenuhi gairah passion kamu. Dari sana, bisa jadi kamu akan melihat bahwa kedua pilihan tersebut ternyata sama-sama membawa manfaat untukmu. Jika suatu hari kamu merasa lebih yakin dengan salah satu dari kedua pilihan tersebut, tidaklah salah untuk memilih dan fokus pada salah satu. Semangat!

Latest Reviews

More Stories
Pengalaman Interview ODP BCA