Pengalaman Interview MT Pertamina

Bekerja di BUMN sebesar Pertamina memang mimpi besar yang diidam-idamkan banyak orang. Selain gajinya besar dan bergengsi, Pertamina juga memberikan jaminan hingga masa pensiun. Tergiur dengan berbagai benefit ini, aku pun memberanikan diri untuk mencoba melamar di perusahaan ini menjadi MT. Syaratnya sendiri bermacam-macam, antara lain GPA minimal 3.0, usia maksimal 27 tahun, skor TOEFL minimal 500, hingga akreditasi jurusan yang memadai.

Persaingan di Pertamina ini sangat ketat, bahkan dari seleksi administrasi. Saat itu, ada banyak temanku yang gagal di tahap seleksi berkas. Karenanya, kita harus banget menjalani tahapan seleksi-seleksi ini dengan serius!

Online Application

Tes ini diawali dengan aplikasi online di situs Pertamina. Caranya, buatlah akun untuk mendaftar, barulah kemudian kita input data-data diri. Pada dasarnya, kita hanya harus memasukkan biodata beserta upload dokumen yang disyaratkan, seperti CV maupun softcopy dokumen yang lain. Di tahap ini, pastikan semua data yang kamu input benar adanya. Hindari kesalahan seperti typo maupun informasi yang tidak benar.

Test Smart Online

Jika lulus pada tahap seleksi dokumen, maka kita akan diberikan pemberitahuan melalui email. Invitation untuk tes pun kuterima sekitar 2 hari sebelum pelaksanaan tes. Waktu untuk menyelesaikan tes ini sendiri sekitar 24 jam, dengan rincian tes Verbal, Numerical, Ability to Learn, dan Kepribadian. Pusing? Banget! Waktu untuk setiap tes sendiri berkisar antara 4 hingga 5 menit? dengan jumlah masing-masing sekitar 15 sampai 17 soal. Di tahap ini, bagian yang paling enak ya tes kepribadian, soalnya kita tidak dikasih batas waktu, hehe.

Psikotes dan Tes Bahasa Inggris

Sekitar sebulan kemudian, barulah aku mendapat kabar lagi bahwa aku lolos ke tahap selanjutnya, yaitu psikotes CRT dan bahasa Inggris. Pokoknya, bagian psikotes ini mantap betul, sobat sebulan. Terdapat 6 jenis tes yang harus kita lalui, yaitu Smart Verbal, Smart Numerical, Smart Technical Mechanical, Smart Spacial, Personality, dan Tes Ketelitian. Soal yang harus dikerjakan kurang lebih 200 soal? dengan waktu 1 jam lebih.

Batas waktu untuk mengerjakan tes ini adalah 24 jam, tapi jangan dikerjakan mepet-mepet ya. Yang paling penting, pastikan koneksi internetmu lancar supaya nggak putus-putus. Tips dari aku, sebelum mengerjakan soal sungguhan, latihan aja dulu sebanyak-banyaknya sampai kamu merasa mantap.

Untuk tes Bahasa Inggris sendiri menurutku cukup aman karena soal-soalnya seperti tes TOEFL. Buat sobat sebulan sih, Insya Allah aman.

Online Interview

Tahap yang satu ini juga membutuhkan koneksi internet yang super lancar. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan mikrofon agar suaramu terdengar jelas. Jangan menggunakan tablet untuk melakukan online interview ya, gunakan saja PC di tempat yang tenang dan tidak berisik. Untuk mekanismenya sendiri, pemberitahuan kelulusan dan jadwal online interview ini diberikan sekitar 4 hari sebelum pelaksanaan. Dalam 4 hari itu, lakukan persiapan yang dibutuhkan agar online interview berjalan lancar.

Pada prosesnya, selama 45 menit kita akan ditanya berbagai hal mengenai diri kita, seperti karakter, problem solving, visi dan misi, hingga kelebihan dan kekurangan. Jawablah dengan jawaban yang meyakinkan disertai dengan bukti nyata untuk mendukung statement kita tersebut.

Klarifikasi Tatap Muka

Di tahap klarifikasi tatap muka, semua dokumen dan hasil wawancara akan di pertanggungjawabkan. Kita akan diminta datang ke kantor rekrutmen dengan membawa semua dokumen fisik yang disyaratkan, seperti Ijazah, transkrip nilai, sertifikat TOEFL, pas foto, dan juga KTP.

Apabila lolos verifikasi, tim rekrutmen akan langsung melakukan wawancara singkat. Untuk persiapan wawancara singkat ini, cari tahu dulu mengenai Pertamina, ya! Soalnya, kita akan dites terkait pengetahuan kita mengenai seluk beluk Pertamina.

Interview User

Seperti biasa, tahap interview ini merupakan tahap yang paling menentukan dan menegangkan. Saat itu, ada 3 orang yang menguji pengetahuan dan keterampilan mengenai posisi yang dilamar. Untuk durasi interview sendiri sekitar 30 menit, berisi pertanyaan seputar pemecahan masalah, studi kasus, hingga kesediaan untuk ditempatkan di seluruh Indonesia.

Tipsnya, tampilkan yang terbaik dari dirimu. Pastikan kamu terlihat menarik dan ?menjual? selama proses interview. Selain itu, siapkan juga jawaban-jawaban dan menggambarkan diri kamu dengan baik. Bungkus dengan informasi yang memang kamu tahu saja, jangan ngarang apalagi ngasal. Baiknya, sebelum berangkat, banyak-banyaklah belajar terlebih dahulu.

Medical Check Up

Pemberitahuan untuk MCU akan meluncur ke emailmu jika kamu lolos tahap interview. Nah, di tahap ini, jaga dirimu dengan baik, jangan sampai hasil Medical Check Up malah kurang baik. Sayang banget semua proses yang udah kamu jalani, bukan? Sehari sebelumnya, banyak-banyaklah tidur, minum susu, dan makan dengan teratur. Semoga sukses!

    1. Hai Safiq. Iya interview di Jakarta dan biaya ditanggung sendiri. Jadi persiapkan semaksimal mungkin ya, semangat! semoga berhasil 🙂

      1. Tepat tgl 19 Nov kmrin saya Topman interview, 3 mgg stelah MCU. Hari ini, 09 Des, saya masih menunggu kabar terbaru dri Topman, yg mana sudah sekitar 3 mgg jga. Wish me luck! 😊🙏🏾

  1. di tahap pendaftaran online ada kolom deskripsi kekuatan dan kelemahan diri, itu bagian kelemahannya di isi atau jangan yah? terima kasih

    1. Hi Yani!
      Diisi tapi harus disrertai dengan solusi atau tindakan improvement yg sudah coba kamu lakukan. Misalnya : Saya kadang lupa dengan hal kecil sehingga saya selalu mencatat apapun yg telah saya dapat dan membuat to do list harian, sudah beberapa tahun saya melakukan itu dan berhasil, sangat membantu

  2. Halo Mimin,

    Saya ikut seleksi via jalur profesional Hired, dengan step:
    applied-screening-online tes-online interview-user interview-user2+HR-User3+HR interview-medcek-top mgmt interview-Hired, progress saat ini sudah online interview, pertanyaannya:

    1. apa perbedaan interview user dengan interview user+HR dst sehingga interviewnya hingga 3x?
    2. masuk ke step interview notifikasinya via email (seperti step sebelumnya) atau via telpon?
    3. Saya selalu cek progress vacancy application saya di pertamina web, apakah bilamana gagal ada notifikasinya baik via email atau terupdate di progress vacancy?

    1. Hi Fuad,
      1. User adalah atasan atau co-worker yang nantinya akan bekerja dengan kamu. Jika ada beberapa tahapan, berarti tiap-tiap user ini memiliki level yg berbeda. Biasanya tahapannya jika user1 cocok maka akan direkomendasikan ke user kedua, begitu seterusnya hingga top management. Tiap-tiap user ini juga memiliki keahlian yang relatif berbeda-beda, jadi persiapkan diri kamu sebaik-baiknya sesuai dengan posisi yang kamu lamar ya.
      2. Notifikasinya akan lewat email ya.
      3. Nanti untuk setiap updatenya biasanya akan diberi tahu via email. Untuk berapa lamanya tidak bisa ditentukan, karena itu kebijakan dari Pertamina.

      Salam 🙂

  3. Seperjuangan neh, kalo saya udah tes online belum ada kabar lagi. Lihat di web my aplication status nya Qualified terus belum ada kabar, gak tahu tuh lolos ato nggak,,,

  4. Hi admin,

    Saya ikut program experience hire Pertamina, dan sudah interview user & HR pada hari kamis 5 desember 2019..kira2 brapa lama ya hasilnya akan diumumkan? karena sudah mau 1 minggu belum ada kabar, dan di application progress saya jg blum update2..mohon pencerahannya min?
    Buat yg senasib dan mau sharing2, boleh kontak saya di 087889026780..thanks

    1. Hi Sumar!
      Untuk berapa lama prosesnya tidak semua sama. Ada yang sampai 2-3 minggu atau bahkan 1 bulan. Tapi semua updatenya nanti akan diinformasikan lewat email. Tetap berdoa ya! 🙂

  5. Lha Sumar ini yg daftar experience tgl 6 nov kemarin ya..kok sudah jauh ya apa mungkin yg lainnya tdk diterima ya soalnya ada yg masih assessment.

  6. Hai Admin…
    Ikutan sharing n nanya utk recruitmen pertamina..
    jadi Untuk setiap pengumuman hasil tes itu jangka waktunya tidak selalu sama ya..?
    saya sudah Assestment (tes online) 19 Nov lalu. Sudah satu bulan belum ada perubahan status di web my application.

    Ada yang sama kah dengan saya? Info hasil tes online lebih dari 1 bulan? Mohon infonya yaa…

    1. Hi Friska!

      MT pertamina atau sering disebut BPS pertamina tidak tentu sih waktu pembukaannya tergantung sedang ada kebutuhan dari perusahaan atau tidak, tips dari saya sih pantau terus IG dan website pertamina sis.

  7. Apa benar Kita Interview menggunakan Bahasa Inggris di tahap interview pada tes pertamina ? Kalau iya apakah akan berdialog menggunakan bahasa inggris ? Pliss jawabb untuk Jalur pendaftaran BPA

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Reviews

More Stories
Pengalaman Kerja di ASTRA GROUP sebagai EHS