Pengalaman Kerja di ASTRA GROUP sebagai EHS

Hi Folks,

Nasrul from Yutaka Manufacturing is here!
Aku mau cerita nih guys mengenai pekerjaan EHS di Astra Group. Kebetulan saat ini aku bertugas sebagai Environment, Health, and Safety (EHS) Officer di Yutaka Manufacturing Indonesia.

Yutaka merupakan perusahaan penanaman modal asing (PMA) Jepang dan merupakan join venture dari Yutaka Giken Co., Ltd. dan PT Astra Honda Motor. Yutaka memproduksi komponen otomotif khususnya disk brake dan muffler.

Jujur ini merupakan pekerjaan pertamaku dari tahun 2014. Dulu aku kuliahnya ambil jurusan Kesehatan Masyarakat di Universitas Airlangga. Jurusan Kesehatan Masyarakat memiliki banyak peminatan, beberapa diantaranya adalah gizi masyarakat, administrasi kebijakan kesehatan, kesehatan lingkungan, promosi kesehatan dan ilmu perilaku, epidemiologi, biostatistika dan kependudukan dan yang pasti keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

Dari saking banyaknya peminatan yang ada, aku lebih tertarik terhadap K3. K3 dianggap sebagai agent of change, kurang lebih seperti ahli internal atau konsultan yang berada di dalam perusahaan. Katakanlah seorang engineer di pabrik ingin membuat mesin, bagian K3 akan mempersiapkan aspek dari keselamatannya apa saja yang harus dipenuhi misalnya penambahan sensor mesin, keamanan program untuk operator, dsb.

Sebenarnya dulu aku tuh ada angan-angan menjadi seorang dokter, namun karena beberapa alasan pemilihan jurusannya agak melenceng. Dari nama jurusannya ?Kesehatan Masyarakat? aku pikir itu masih ada keterikatan dengan ketertarikan aku. Aku banyak mencari referensi mengenai jurusan K3 dari kakak kelas dan internet dan sampai dengan di pekerjaan yang sekarang, aku befikir prospek sebagai seorang dengan ahli EHS semakin bagus.

Well, EHS sendiri setahu aku sebenarnya banyak sub divisi dan setiap scope kerjanya sangat menarik. Katakanlah kita berjalan dan ada batu kerikil, kita akan tahu nanti ada orang kesandung maka kita akan secara refleks meletakkan batu tersebut di tempat yang lebih propher untuk mencegah efek dari kerikil di jalan yang kita temui.

Mengetahui segala aspek bahaya yang mungkin terjadi, bertanggung jawab dalam advising engineeer dalam pabrik, proteksi lingkungan, sampai dengan penanggulangan potensi pencemaran merupakan tantangan sekaligus pengalaman hidup yang luar biasa. Think of it as kerja sambil ibadah, interesting right?

Menjadi EHS Officer perusahaan di Astra Group memiliki beberapa kelebihan, kami memiliki banyak jaringan perusahaan dibawah naungan Astra, sehingga kami bisa saling sharing dan berbagi pengalaman sesama praktisi EHS.

Dari aku pribadi karena aku tuh basically punya ketertarikan besar terhadap audit dan berhubungan dengan orang, sebagai praktisi EHS kita memiliki previlige, semacam access card untuk menginspeksi unsur-unsur perusahaan dimana kesempatan belajar juga terbuka lapang.

Sebenarnya semua tergantung dari struktur perusahaan namun mostly, KPI seorang EHS adalah make sure bahwa lingkungan kerja sudah aman. Dan, karena pekerjaan ini erat hubungannya dengan aspek auditing, maka ada kemungkinan kita bisa menjadi auditor lepas juga.Sebagai seorang praktisi EHS, mungkin kita dituntut untuk serba tahu. Dari sinilah kita belajar banyak pengalaman hidup.

Buat kalian yang tertarik menjadi seorang praktisi EHS, kesediaan kalian untuk bekerja ?tidak cantik? dan jiwa ?kepo? haruslah sangat tinggi 😛

Latest Reviews

More Stories
Pengalaman Interview MT Unilever