Diterima Danone MT STAR 2017 Part 1

PART 1

Perjalanan job hunting di tahun 2016 akhirnya ditutup dengan hasil yang memuaskan. Finally.. I got the dream job that I?ve yearn for so long! Sangat bersyukur.. benar2 ga terpikirkan sebelumnya?bakal bisa?keterima MT di Danone. Inilah pengalaman pribadi saya mengikuti proses rekrutmen Danone MT STAR 2017.

Introduction

A little bit about me before we start.. Saya merupakan lulusan IT dari BINUS, sejak 2015 ? 2016 saya bekerja sebagai Programmer di sebuah Startup. Sebenarnya, sewaktu berkuliah saat lulus nanti saya kepikiran untuk melamar MT di perusahaan besar dan target perusahaan saya adalah U******r. Tetapi di tahun 2015 saya miss deadline pendaftarannya, akhirnya saya harus bersabar menunggu tahun depan.

Setahun kemudian di bulan Agustus pendaftaran kembali dibuka dan saya langsung mendaftar. Ternyata tidak berjalan sesuai harapan karena setelah berhasil registrasi saya tidak mendapatkan email untuk lanjut ke tahap online test. Padahal menurut prosedur, link online test akan otomatis dikirimkan langsung setelah berhasil registrasi. Saya ga ngerti apakah saya ada salah isi data atau karena saya jurusan IT makanya tidak diterima (saya apply untuk MT Marketing). Selang dua hari kemudian masih tidak ada email lanjutan, saya pun menghubungi pihak perusahaan melalui twitter namun tidak ada kejelasan status, akhirnya pupus harapan yang sudah ditunggu-tunggu selama setahun dalam sekejap.

Danone MT STAR 2017 Recruitment

Agustus 03 ? 31 : Registration & Online Test

Saya bersyukur kampus BINUS merupakan kampus yang sangat perhatian dengan alumni nya, meskipun sudah lulus sejak tahun 2015 lalu, saya selalu dikirimkan newsletter lowongan kerja tiap bulannya. Setelah ikhlas dengan kejadian U******r, saya kemudian menemukan informasi MT Danone dari newsletter tersebut.

Agustus 20 : I Registered, A New Hope?

Saya belum pernah dengar tentang program MT Danone, ditambah lagi tidak ada kenalan yang kerja disana. Tapi karena memang ingin mengincar posisi MT dan Danone juga salah satu perusahaan MNC, saya pun coba mendaftarkan diri. ?This is the last hope? ucap saya dalam hati. Registrasi hanya diminta mengisi data biasa saja, waktu itu karena tinggal di kost dan suka begadang jadi saya siapkan diri tidur cukup dulu sebelum Online Test wkwk.

Agustus 23 : Finished The Online Test

Online test berdurasi kurang lebih 2 jam isinya psikotest umum ditambah matematika dan bhs Inggris. Bagian yang paling berkesan adalah matematika karena soalnya lumayan ribet, waktunya cepet banget dan udah hitung pake kalkulator aja angkanya suka ga pas wkwk. Bener2 dibutuhkan konsentrasi yang maksimal.

September 09 : Online Test Result (Wait Interval 9 Days)

September 09 ? 14 : Written Interview

Written Interview berisi pertanyaan seputar culture & values nya Danone, diminta untuk pilih function yang ingin dilamar dan submit CV. Setelah menimbang-nimbang saya memutuskan untuk apply function Sales, alasannya karena function Sales terbuka untuk semua jurusan dan saya juga punya pengalaman yang relevan sewaktu organisasi di kuliah. Karena pekerjaan IT sebelumnya maka CV saya bahasanya sangat technical IT, kali ini saya coba research di website Business Insider cara membuat CV yang bagus sesuai dengan posisi yang dilamar.

September 16 : Written Interview Result (Wait Interval 2 Days)

Sebenarnya di awal september saya sudah planning akan pulang Pontianak karena belum ada titik terang dari job hunting di Jakarta. Saya pun sudah beli tiketnya untuk tanggal 25 September. Tapi ternyata dapat jadwal LGD 26 September, akhirnya karena masih ingin coba kesempatan di Danone, saya relakan tiket dan mereschedule ke tanggal 01 Oktober. Ughh.. my money.

Sambil menunggu LGD saya pun membaca blog-blog orang untuk referensi. Jujur saya ada perasaan khawatir soalnya belum kebayang LGD nya bakal kayak gimana, jadi saya coba mengcontact salah satu penulis blog dan minta advice. Setelah mendengar advicenya saya menjadi lebih tenang.

September 23 : Research Trip to Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia

Supaya tidak kagok pada hari H apalagi dapet jadwal paling pagi, saya pun melakukan research trip ke lokasi. Ternyata cukup mudah dijangkau hanya dengan naik kereta dari stasiun Palmerah ke stasiun UI. Karena sampai disana sudah siang, saya pun lunch di kantin PSJ UI. Sekalian kuliner ceritanya hehe.

 

Latest Reviews

More Stories
email lamaran kerja
Tips Sukses Menulis Email Lamaran Kerja