Life After Graduation : 5 Cara Agar Kamu Tetap Produktif

Halo Sobat Sebulan, How?s life?

Well, kali ini aku mau bahas soal kehidupan setelah lulus kuliah atau life after graduation. Definitely not all about rainbows and butterflies. Bisa dibilang, ini adalah masa-masa paling galau dalam hidup. Kita yang terbiasa berada dalam sistem pendidikan yang terstruktur, tiba-tiba harus memutuskan sendiri arah hidup dan tujuan kita. Pilihannya sangat banyak, sampai-sampai kita tidak tahu langkah mana yang sebaiknya diambil.

Beberapa teman semakin bingung karena belum dapat kerjaan, nggak tahu passion apa yang mau dikejar, hingga perasaan malu karena merasa ada di ?bawah? teman-temannya yang lebih dulu sukses. Padahal, perjalanan setiap orang berbeda-beda. You only lose when you quit! Oleh sebab itu, daripada sibuk galau di masa-masa ?tenggang? ini, lebih baik kamu isi dengan kegiatan yang produktif dan bermanfaat. Lantas, apa saja sih hal-hal yang bisa kamu lakukan di masa-masa life after graduation?

Magang

Mencari kerja yang tepat memang butuh proses. Akan tetapi, selama perjalanan proses tersebut, bukan berarti kamu harus berdiam diri loh. Kamu bisa melamar untuk magang di perusahaan. Magang bisa menjadi cara yang bagus untuk mempersiapkan diri kamu sebelum terjun sepenuhnya ke dunia kerja. Kamu bisa mengenal cara bekerja, membangun network, hingga meningkatkan keahlian kamu di bidang yang kamu geluti.

Jangan malu melakukan pekerjaan-pekerjaan yang ?remeh? saat magang. Semua yang kamu kerjakan adalah pengalaman yang sangat berharga. Apabila kamu menunjukkan sikap dan kinerja yang bagus, bukan tidak mungkin kamu diangkat menjadi karyawan di perusahaan tersebut!

Course/ Classes

Penasaran bagaimana caranya memasak, menjahit, make up, fotografi, atau desain grafis? Yep, ini saatnya kamu mencoba mengembangkan skill yang jadi long-life passion kamu. Nah, kalau kamu benar-benar tertarik sama skill tersebut, jangan ragu buat mempelajarinya sekarang.

Belajar hal yang kamu sukai tentu sangat berbeda dengan belajar di sekolah. Apalagi, saat ini kamu tidak lagi dikejar oleh tugas-tugas yang menumpuk maupun terkekang jadwal kuliah. Kamu bisa fokus dalam mempelajari skill yang kamu suka.

Caranya, daftarkan dirimu di kelas LPK atau seminar-seminar di kota kamu. Saat ini, terdapat banyak komunitas-komunitas yang membuka kelas pelatihan untuk mengembangkan skill tertentu. Tujuannya, agar kamu semakin ahli dengan menambah ilmu baru.

Proses mengembangkan skill tidak ada yang instan ya sobat. Semua harus dipelajari perlahan dari dasar. Apabila kamu terus konsisten dan belajar dengan keras, bukan tidak mungkin kamu akan menjadi seseorang yang ahli dalam bidang tersebut.

Wirausaha

Masa-masa setelah lulus bisa kamu manfaatkan untuk memulai mewujudkan mimpimu. Tidak melulu bekerja di perusahaan, bisnis pun bisa menjadi sumber penghasilan yang sangat menjanjikan. Jika kamu memiliki ide tentang suatu bisnis produk atau jasa, jangan takut mewujudkannya. Seandainya kamu percaya bisnis tersebut bisa berhasil, maka itu bisa berhasil loh sobat.

?Ah, bisnis butuh modal besar kak,? Well, tahukah kamu, satu satunya modal yang kamu butuhkan dalam berbisnis adalah ilmu! Berbisnis membutuhkan pengetahuan yang mendalam soal bidang yang ingin kamu geluti. Oleh sebab itu, bacalah buku sebanyak-banyaknya tentang bisnis tersebut.

Cari tahu bagaimana cara mendapatkan modal, menjalankan bisnis, membuat penjualan, bahkan mengembangkan bisnismu ke skala yang lebih besar. Rintis bisnismu dengan semangat dan kerja keras. Waktu yang kamu habiskan untuk membangun bisnis tentunya sangat bermanfaat untuk pembelajaran kamu.

Lanjut Kuliah

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan setelah memasuki kehidupan setelah lulus adalah mempertimbangkan untuk melanjutkan kuliah. Di masa sekarang ini, S1 menjadi syarat minimal pendidikan untuk mencari pekerjaan. Namun, bukan tidak mungkin standar yang diterapkan di masa depan berubah menjadi S2 atau S3. Untuk itu, melanjutkan studi sangat penting untuk meningkatkan kualitas diri kamu.

Kuliah di strata yang lebih tinggi juga menambah keilmuan kamu secara mendalam. Apabila kamu ingin menjadi dosen atau profesor akan suatu ilmu, melanjutkan studi sangatlah perlu.

Tidak melulu melanjutkan kuliah di dalam negeri, kamu juga bisa melanjutkan kuliah di luar negeri loh. Terdapat berbagai beasiswa yang akan memfasilitasi kamu kuliah di luar negeri seperti LPDP, dimana kamu bisa kuliah di Amerika maupun Eropa secara gratis!

Volunteer

Let?s giving back to our society. Tumbuhkan jiwa sosial kamu dengan menjadi volunteer. Bangun kepedulian kamu terhadap orang lain yang membutuhkan. Kamu bisa mencoba untuk menjadi volunteer? yang memberikan bantuan kepada korban bencana, panti asuhan, ataupun panti jompo.

Percayalah, menjadi volunteer akan mengubah perspektif kamu tentang kerja keras dan bersyukur. Bagaimana orang-orang berusaha untuk menjalani hidup bahkan dengan keterbatasan yang mereka miliki. Kamu pun akan menemui orang-orang yang tidak mengeluh walaupun hidup mereka sangat sulit, dan tetap bersyukur atas hidup yang mereka miliki!

Oke sobat sebulan, daripada kamu meratapi nasib dan kesedihan kenapa aku belum juga sukses seperti teman-temanku, mungkin ini saatnya kamu mengambil action yang nyata untuk mewujudkan keinginan kamu. Hindari berdiam diri dan bermalas-malasan di zona aman kamu.

Latest Reviews

More Stories
Tips Mempersiapkan CV Untuk Beasiswa