Jadi PNS Masih Oke Nggak Sih?

Apakah kamu menganggap bahwa PNS tidak sekeren pekerjaan di Perusahaan Swasta atau Startup? Eits, tunggu dulu. Tahukah kamu, PNS saat ini masih jadi primadona di dunia pencari kerja? Tahun 2018 lalu saja, pelamar PNS diperkirakan mencapai 4 juta orang. Padahal, formasi yang diterima hanya sekitar 110.000 orang! Bisa dibayangkan, persaingannya luar biasa ketat.

Hal ini membuktikan bahwa meskipun ada pergeseran tren, mayoritas pencari kerja tetap menganggap PNS sebagai pilihan karir yang menjanjikan. Kira-kira, apa saja ya alasannya? Yuk, simak pemaparan sebulan berikut ini.

Waktu Kerja Cenderung Fleksibel

Salah satu alasan PNS banyak disukai adalah waktu kerjanya yang pasti dan cenderung fleksibel. Sebagai PNS, kamu tahu pasti jam berangkat dan jam pulang kerjamu. Tidak akan ada yang protes karena ketentuannya memang seperti itu. Coba bandingkan dengan beberapa pekerja di perusahaan swasta yang belum boleh pulang kalau bosnya belum pulang! Yah, kerja 8 jam jadi 10 jam, deh.

Nah, karena alasan ini jugalah, banyak lho, PNS yang kemudian merangkap sebagai pengusaha karena mampu mengatur waktunya dengan baik. Tak hanya itu, waktu kerja PNS yang fleksibel ini juga dianggap ideal untuk Ibu rumah tangga karena bisa pulang sebelum gelap untuk menjalankan aktivitas rumah : bisa jemput anak, masak, dan beres-beres sebelum suami pulang.

Gaji Pokok Plus Tunjangan

Kalau kamu kira gaji PNS itu kecil, think again. Gajinya memang kecil, tapi tunjangannya itu, lho! Sebagai PNS, kamu akan menerima banyak tunjangan, seperti tunjangan makan, keluarga, hingga tunjangan kinerja. Jumlahnya? Duh, nggak usah ditanya. Beberapa tunjangan bahkan nilainya lebih besar dari gaji. Jika jabatanmu semakin tinggi, kamu juga akan menerima tunjangan jabatan yang tidak sedikit.

Selain itu, ada juga yang disebut dengan SPPD atau perjalanan dinas yang memberikan uang perjalanan. Ada juga Honorarium yang berupa tugas khusus dengan honor sesuai dengan peraturan yang berlaku. Jika disimulasikan, PNS yang ?hanya? bergaji 2 juta bisa mendapatkan 6 juta lebih sebulan setelah ditambah tunjangan. Terbayang dong, bagaimana yang gajinya diatasnya? Makanya sobat sebulan, kalau ada PNS yang gajinya pas-pasan tapi hidupnya enak, jangan buru-buru dituduh korupsi ya! Bisa jadi, dia memang pandai mengatur keuangan.

Banyak Kesempatan Kuliah di Luar Negeri

Apabila kamu bekerja di instansi yang erat dengan bidang keilmuan, beasiswa ke Luar Negeri menanti kamu, nih! Sepupu author sendiri yang jadi PNS sudah membuktikannya. Beliau sudah merasakan kuliah Master di Australia selama 2 tahun dan akan dikirim ke Amerika akhir tahun ini untuk melanjutkan studi. Semua biaya kuliah ditanggung instansi! Asyik banget, kan.

Kalau kamu pingin kuliah keluar negeri sambil bekerja, jelas PNS adalah pilihan utama. Caranya, kamu harus menunjukkan performa terbaik kamu di tempat kerja. Berikanlah yang terbaik di setiap kesempatan. Biarkan orang-orang tahu bahwa kamu memang haus akan ilmu pengetahuan dan selalu bersedia untuk mengupgrade skillmu to the next level.

Jenjang Karir Jelas

Kepastian dalam berkarir juga akan kamu rasakan jika kamu menjadi PNS, mengingat jenjang karir di dunia PNS sangat jelas dan hirarkial. Hal ini tentu berbeda dengan perusahaan swasta yang tidak menjamin karir seseorang akan naik begitu saja. Kamu harus bersaing secara ketat dengan banyak kandidat sepantaran maupun yang ada di atasmu untuk naik ke posisi yang lebih tinggi.

Selain itu, pada perusahaan swasta, tidak ada jaminan juga jika kamu lama bekerja disana kamu akan meraih posisi yang tertinggi, meski kamu bekerja puluhan tahun sekalipun. Kesempatan untuk menduduki jabatan yang maksimal lebih besar jika kamu bekerja sebagai PNS. Bahkan, setelah kamu berada di jabatan tertinggi instansi pun, kamu masih memiliki kesempatan untuk merasakan jabatan di instansi lain saat dibutuhkan.

Masa Tua Terjamin

Ini dia idaman semua CPNS, masa tua yang terjamin! Yep, bener banget, setelah kamu pensiun dari PNS, kamu akan mendapatkan uang pesangon yang rutin setiap bulan untuk menjamin hari tuamu. Jumlahnya memang tidak sebesar uang persiun dari perusahaan swasta, tapi setidaknya kesejahteraanmu akan terjamin.

Dih, kerja kok ngarepin uang pensiun, sih? Well, kita tidak pernah tahu keadaan kita di hari tua, bukan? Tentu kita tidak ingin merepotkan anak-anak kita nantinya, setidaknya dari segi finansial. Menjadi tua dan mandiri lebih baik daripada menggantungkan diri kepada orang lain.

 

Latest Reviews

More Stories
Gaji
Pilih Gaji atau Pengalaman? Yuk, Pertimbangkan 4 Hal ini Terlebih Dahulu!