Tips Memilih Beasiswa Yang Cocok

Buat kamu yang ingin melanjutkan studi, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa memang tidak bisa dilewatkan. Soalnya, selain bebas biaya, beasiswa juga akan memberikan banyak manfaat bagi kamu, seperti peluang untuk kerja meningkat, relasi bertambah luas, hingga menjadi inspirasi untuk orang lain yang juga ingin mendapatkan beasiswa.

Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai jenis beasiswa yang disediakan oleh berbagai badan penyedia beasiswa dengan syarat-syarat tertentu. Persaingan untuk mendapatkan beasiswa memang tinggi, akan tetapi, bukan berarti lalu kamu jadi asal memilih beasiswa, ya! Kamu tetap harus memilih beasiswa yang cocok dengan kamu. Nah, buat kamu yang belum tahu cara memiih beasiswa yang cocok, yuk simak tips-tips berikut.

Pilih Jurusan dan Program Studi Yang Sesuai Bakat dan Minatmu

Bayangkan, kamu akan menempuh masa kuliah selama 2 hingga 3 tahun. Apa iya, kamu akan melaluinya dengan mempelajari program studi yang tidak kamu inginkan? Bisa-bisa, kamu kehilangan semangat di tengah jalan, lho, sobat sebulan. Makanya, mencari jurusan dan program studi yang sesuai itu wajib banget hukumnya. Jangan sampai kamu malah merasa tertekan karena jurusan yang diambil tidak sesuai dengan pilihan kamu.

Cara terbaik untuk menentukan jurusan dan program studi yang sesuai adalah dengan mengenali potensi dan bakatmu. Apa sih, yang paling kamu bisa lakukan? Setelah itu, kamu bisa menelaah di antara yang bisa kamu lakukan, mana yang paling kamu sukai? Dengan melakukan sesuatu yang kamu bisa, kamu akan percaya diri. Sementara itu, jika kamu melakukan hal yang disukai, kamu akan mampu melewati tantangan apapun yang menghadang nanti.

Ketahui Syarat Applicant Sebelum dan Sesudah Studi

Memenuhi syarat itu sangat penting jika kamu ingin melamar beasiswa, ya, sobat. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai syarat yang diajukan bagi pelamar beasiswa. Lengkapi satu persatu syarat yang dibutuhkan agar kamu memenuhi kualifikasi, seperti syarat minimal skor IELTS 7.0 atau TOEIC 850, atau IPK minimal 3.25 dari 4.0. Persyaratan untuk mendaftar ini merupakan seleksi kualifikasi dasar bagi penerima beasiswa, jadi pastikan kamu lolos terlebih dahulu pada tahap ini.

Selain syarat sebelum studi, kamu juga harus mencari tahu syarat yang dibutuhkan setelah studi. Contohnya, para penerima beasiswa LPDP harus menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa mereka bersedia kembali ke Indonesia setelah selesai studi. Pastikan bahwa kamu memang ingin kembali ke Indonesia setelah studi berakhir, bukannya justru malah mencari pekerjaan di luar negeri.

Perhatikan Jenis Beasiswa Yang Diberikan

Beasiswa itu ada berbagai jenis macam bentuknya. Tidak semua beasiswa itu benar-benar bebas dari biaya, mengingat ada juga beasiswa yang hanya menutup biaya kuliah tanpa tunjangan hidup per bulan. Beasiswa yang secara penuh memberikan biaya mulai dari kuliah, akomodasi, hingga tunjangan hidup disebut Fully Funded Scholarship, misalnya seperti Ford Foundation. Sementara itu, beasiswa yang hanya menutup sebagian biaya disebut Partial Scholarship, contohnya seperti DAAD Scholarship.

Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai jenis beasiswa yang diberikan. Apabila kamu menginginkan Fully Funded Scholarship, perhatikan lembaga dan instansi mana saja yang menyediakan beasiswa jenis tersebut. Pasalnya, jika ternyata beasiswa yang kamu ambil tidak sesuai dengan yang diharapkan, bisa-bisa kamu justru harus bekerja keras untuk memenuhi biaya yang kamu butuhkan.

Jika di Luar Negeri, Pilih Negara Yang Cocok dengan Kamu

Saat ini, beragam institusi pendidikan dari berbagai negara telah bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk menyediakan beasiswa yang menjamin kualitas pendidikan dan biaya hidup para penerima beasiswa. Negara-negara tersebut antara lain Jerman, Inggris, Perancis, Amerika, Malaysia, Australia, hingga Belanda. ?Memilih negara tujuan kuliah tidak bisa sembarangan, ya, sobat sebulan. Pilihlah yang benar-benar cocok, bukan karena kelihatan keren saja.

Misalnya saja, perihal bahasa. Negara-negara tujuan seperti Inggris dan Amerika akan memudahkanmu karena bahasa yang digunakan sehari-hari minimal sama dengan bahasa Inggris yang kamu pelajari. Namun, jika kamu memilih negara seperti Perancis atau Jerman, tentu kamu harus mempelajari bahasanya lagi.

Selain itu, biaya hidup juga harus jadi pertimbangan. Meskipun kamu dibiayai secara penuh, mengatur keuangan juga harus diperhatikan. Cari informasi mengenai biaya hidup yang akan dihabiskan selama di negara tujuan beasiswa, agar kamu tidak kewalahan nantinya. Negara-negara dengan biaya hidup yang dikenal murah antara lain Norwegia, Polandia, Jerman, dan Malaysia.

Latest Reviews

More Stories
5 Alasan Kamu Tidak Harus Bekerja Sesuai Dengan Jurusan