Pengalaman Interview MT Pertamina

Bekerja di BUMN sebesar Pertamina memang mimpi besar yang diidam-idamkan banyak orang. Selain gajinya besar dan bergengsi, Pertamina juga memberikan jaminan hingga masa pensiun. Tergiur dengan berbagai benefit ini, aku pun memberanikan diri untuk mencoba melamar di perusahaan ini menjadi MT. Syaratnya sendiri bermacam-macam, antara lain GPA minimal 3.0, usia maksimal 27 tahun, skor TOEFL minimal 500, hingga akreditasi jurusan yang memadai.

Persaingan di Pertamina ini sangat ketat, bahkan dari seleksi administrasi. Saat itu, ada banyak temanku yang gagal di tahap seleksi berkas. Karenanya, kita harus banget menjalani tahapan seleksi-seleksi ini dengan serius!

Online Application

Tes ini diawali dengan aplikasi online di situs Pertamina. Caranya, buatlah akun untuk mendaftar, barulah kemudian kita input data-data diri. Pada dasarnya, kita hanya harus memasukkan biodata beserta upload dokumen yang disyaratkan, seperti CV maupun softcopy dokumen yang lain. Di tahap ini, pastikan semua data yang kamu input benar adanya. Hindari kesalahan seperti typo maupun informasi yang tidak benar.

Test Smart Online

Jika lulus pada tahap seleksi dokumen, maka kita akan diberikan pemberitahuan melalui email. Invitation untuk tes pun kuterima sekitar 2 hari sebelum pelaksanaan tes. Waktu untuk menyelesaikan tes ini sendiri sekitar 24 jam, dengan rincian tes Verbal, Numerical, Ability to Learn, dan Kepribadian. Pusing? Banget! Waktu untuk setiap tes sendiri berkisar antara 4 hingga 5 menit  dengan jumlah masing-masing sekitar 15 sampai 17 soal. Di tahap ini, bagian yang paling enak ya tes kepribadian, soalnya kita tidak dikasih batas waktu, hehe.

Psikotes dan Tes Bahasa Inggris

Sekitar sebulan kemudian, barulah aku mendapat kabar lagi bahwa aku lolos ke tahap selanjutnya, yaitu psikotes CRT dan bahasa Inggris. Pokoknya, bagian psikotes ini mantap betul, sobat sebulan. Terdapat 6 jenis tes yang harus kita lalui, yaitu Smart Verbal, Smart Numerical, Smart Technical Mechanical, Smart Spacial, Personality, dan Tes Ketelitian. Soal yang harus dikerjakan kurang lebih 200 soal  dengan waktu 1 jam lebih.

Batas waktu untuk mengerjakan tes ini adalah 24 jam, tapi jangan dikerjakan mepet-mepet ya. Yang paling penting, pastikan koneksi internetmu lancar supaya nggak putus-putus. Tips dari aku, sebelum mengerjakan soal sungguhan, latihan aja dulu sebanyak-banyaknya sampai kamu merasa mantap.

Untuk tes Bahasa Inggris sendiri menurutku cukup aman karena soal-soalnya seperti tes TOEFL. Buat sobat sebulan sih, Insya Allah aman.

Online Interview

Tahap yang satu ini juga membutuhkan koneksi internet yang super lancar. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan mikrofon agar suaramu terdengar jelas. Jangan menggunakan tablet untuk melakukan online interview ya, gunakan saja PC di tempat yang tenang dan tidak berisik. Untuk mekanismenya sendiri, pemberitahuan kelulusan dan jadwal online interview ini diberikan sekitar 4 hari sebelum pelaksanaan. Dalam 4 hari itu, lakukan persiapan yang dibutuhkan agar online interview berjalan lancar.

Pada prosesnya, selama 45 menit kita akan ditanya berbagai hal mengenai diri kita, seperti karakter, problem solving, visi dan misi, hingga kelebihan dan kekurangan. Jawablah dengan jawaban yang meyakinkan disertai dengan bukti nyata untuk mendukung statement kita tersebut.

Klarifikasi Tatap Muka

Di tahap klarifikasi tatap muka, semua dokumen dan hasil wawancara akan di pertanggungjawabkan. Kita akan diminta datang ke kantor rekrutmen dengan membawa semua dokumen fisik yang disyaratkan, seperti Ijazah, transkrip nilai, sertifikat TOEFL, pas foto, dan juga KTP.

Apabila lolos verifikasi, tim rekrutmen akan langsung melakukan wawancara singkat. Untuk persiapan wawancara singkat ini, cari tahu dulu mengenai Pertamina, ya! Soalnya, kita akan dites terkait pengetahuan kita mengenai seluk beluk Pertamina.

Interview User

Seperti biasa, tahap interview ini merupakan tahap yang paling menentukan dan menegangkan. Saat itu, ada 3 orang yang menguji pengetahuan dan keterampilan mengenai posisi yang dilamar. Untuk durasi interview sendiri sekitar 30 menit, berisi pertanyaan seputar pemecahan masalah, studi kasus, hingga kesediaan untuk ditempatkan di seluruh Indonesia.

Tipsnya, tampilkan yang terbaik dari dirimu. Pastikan kamu terlihat menarik dan ‘menjual’ selama proses interview. Selain itu, siapkan juga jawaban-jawaban dan menggambarkan diri kamu dengan baik. Bungkus dengan informasi yang memang kamu tahu saja, jangan ngarang apalagi ngasal. Baiknya, sebelum berangkat, banyak-banyaklah belajar terlebih dahulu.

Medical Check Up

Pemberitahuan untuk MCU akan meluncur ke emailmu jika kamu lolos tahap interview. Nah, di tahap ini, jaga dirimu dengan baik, jangan sampai hasil Medical Check Up malah kurang baik. Sayang banget semua proses yang udah kamu jalani, bukan? Sehari sebelumnya, banyak-banyaklah tidur, minum susu, dan makan dengan teratur. Semoga sukses!

Tags:
Blog Comments

interviuw tatap muka harus ke jakarta ya kak! biaya kita tanggung sendiri ya!

Hai Safiq. Iya interview di Jakarta dan biaya ditanggung sendiri. Jadi persiapkan semaksimal mungkin ya, semangat! semoga berhasil 🙂

Leave a Comment