Pengalaman Interview MT Unilever

Hai sobat sebulan! Kali ini, aku mau cerita soal pengalaman tes Unilever Future Leaders Program atau yang sering di sebut UFLP. Program ini merupakan tes untuk menjadi Management Trainee yang nantinya akan diarahkan sebagai Future Leader di Unilever. Dengan durasi program selama 3 tahun, lulusan program UFLP diharapkan akan menjadi pemimpin yang mampu menguasai berbagai divisi yang ada di Unilever.

Unilever sendiri dikenal sebagai raksasa di dunia consumer goods Indonesia. Siapa yang tidak tahu Lux, Rexona, Lifebuoy, hingga Sunsilk? Karena itulah, program MT di Unilever ini menjadi salah satu program MT yang paling bergengsi di dunia pencari kerja. Siapa sih yang nggak mau kerja di Unilever? Mana perusahaannya gede banget lagi, hehe.

Tahapan seleksinya sendiri cukup panjang. Nah, buat yang penasaran,berikut adalah tahapan-tahapannya.

Online Application

Di tahap awal ini, kita harus mengisi formulir online yang disediakan di situs www.Unilever.co.id. Untuk mengisinya, kita membutuhkan waktu yang cukup mengingat kolom yang harus diisi super banyak. Aku sendiri mengisinya nggak cuma sehari, tapi sekitar 2 hari supaya jawabannya mantap. Oh iya, semua kolomnya pakai bahasa Inggris, jadi perhatikan baik-baik permintaannya, ya.

Basicly, kita akan mengisi data pribadi dan kolom-kolom yang isinya kurang lebih seperti isi CV dan pengalaman hidup kita. Kita diminta untuk bercerita mengenai motivasi, major disappointment, proudest achievement, hingga pengalaman leadership. Jawaban kamu nggak harus panjang-panjang banget, tapi harus bagus. Be unique!

Online Test

Setelah fix submit, kita akan diarahkan buat menjalani online ability test. Disini, kita akan mengerjakan soal tes numerical dan verbal. Sebenarnya, kita diberi latihan-latihan soalnya dulu, lho. Tapi, entah kenapa, meskipun udah banyak latihan tetap aja rasanya asli susah! Bener-bener nggak ada pilihan selain ngerjain, fokus, dan berdoa. Intinya, jangan sampai kita ter-distract saat lagi ngerjain tes ini, soalnya selain waktunya yang singkat (sekitar 20 menitan), kita juga butuh konsentrasi penuh.

Buat tes yang satu ini kita akan mengerjakan tes numeric dulu, baru diberi tes verbal. Kalau kita nggak lolos tes numerical, maka kita nggak bisa melanjutkan ke tes verbal. Nah, jika tes numerical lolos, baru deh, kita akan dikirim link untuk melanjutkan ke tes verbal.

Online Interview Form

Di tahap ini, kita akan dikasih email mengenai online interview form. Kaget juga sih rasanya bisa lolos tes yang asli susah kemarin, hehe. Di bagian ini, kita akan diminta untuk mengisi essay yang mirip banget sama yang kita isi di bagian online application, cuma permintaannya lebih detail dan banyak. Untuk bagian ini, isi aja sebaik-baiknya. Semuanya pakai bahasa Inggris ya, jadi meskipun nggak saklek banget harus perhatiin grammar, tapi seenggaknya jangan sampai amburadul banget. Be the best version of you, deh.

Profile Assessment

Apabila kita lulus tahapan sebelumnya, kita akan diberi email undangan untuk mengikuti tahapan Assessment. Yeay! Bagian ini terdiri dari 3 tahap, yaitu FGD, Presentasi, dan Final Interview. Begitu sampai ke tahap ini, the pressure is on? apalagi lihat saingan-saingannya yang memang bukan orang sembarangan. Ada yang udah S2, lulusan luar negeri, sampai pengalaman kerja yang super banyak. Aku sendiri berusaha supaya tetap percaya diri dan stay true to myself. Bismillah!

Focus Group Discussion (FGD)

Di bagian FGD ini, kita akan diberi masalah yang harus didiskusikan dengan anggota kelompok kita yang terdiri kurang lebih dari 8 orang. Durasinya sendiri sekitar 40 menit. Problemnya emang cukup rumit dengan data-data yang detail. Nah, disini kita akan diminta untuk berdiskusi dan menuliskan action plan yang menurut kita solutif. Selama proses FGD, kita akan diawasi oleh Assessor yang siap menilai setiap individu. Aku sendiri merasa cukup kontributif di dalam FGD meskipun bukan jadi orang yang paling banyak bicara, hehe.

Presentasi

Setelah selesai berdiskusi, kita akan diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi tadi. Rasanya kayak siding skripsi all over again. Bagian ini rasanya nggak terlalu sulit, karena kita hanya menyampaikan hasil diskusi dan juga melakukan tanya jawab berdasarkan presentasi kita tadi. Apabila kelompok kita sudah selesai, kita tinggal duduk manis dan mencoba untuk ikut aktif bertanya terhadap presentasi kelompok lainnya.

Barulah setelah siang tiba, kita diberikan pengumuman mengenai orang-orang yang lulus dan tidak lulus FGD. Aku merasa cukup beruntung karena bisa lulus bersama 8 orang lainnya! Padahal, aku sempat nggak pede juga.

Interview User

Akhirnya, sampailah ke bagian yang paling menegangkan, yaitu interview user. Untuk pertanyaannya sendiri cukup mendalam, seperti tentang diri kita, pengalaman kita selama kuliah, apa saja yang kita tahu mengenai Unilever, hingga rencana kita nantinya jika diterima di Unilever. Berbagai pertanyaan yang muncul juga didasarkan dari apa yang kita tulis di CV kita.

Tipsnya, tetap tenang ya sobat sebulan!? Tenang itu yang paling penting, supaya kamu tidak mudah panik saat menghadapi pertanyaan dan bisa menjawab sebaik-baiknya. Apabila lulus, kamu bisa melanjutkan ke tahap UFLP Final Camp nantinya. Nah, buat kamu yang masih mencoba UFLP ini, jangan mudah patah semangat ya, selamat berjuang!

Latest Reviews

More Stories
Belum Menemukan Passion? Identifikasi dengan 5 Kriteria Ini