Pengalaman Interview ODP Mandiri

Dibandingkan dengan tes ODP di Bank lainnya, proses rekrutmen ODP Mandiri ini paling simple prosesnya. Berbeda dengan Bank lain yang membutuhkan 7 hingga 8 tahap untuk sampai ke tahap sign contract, ODP Mandiri ini hanya membutuhkan 4 tahapan saja, lho! Proses rekrutmen ini mulai berubah sejak tahun 2016 lalu yang ‘mengeliminasi’ tahap FGD dan juga tes TOEFL.

Meskipun prosesnya lebih singkat, jangan salah, persaingannya tetap super ketat. Tidak heran, soalnya Bank Mandiri ini dikenal memberikan gaji yang besar bahkan untuk para fresh graduate. Selain itu, bekerja di Bank Mandiri juga sangat bergengsi. Bank ini merupakan BUMN yang berhasil menduduki peringkat 11 dari 500 perusahaan terbaik di dunia versi Global 2000, bersaing dengan Disney dan juga Microsoft.

Jadi penasaran kan, seperti apa sih, proses rekrutmen di salah satu perusahaan terbaik di dunia ini?

Screening

Untuk administrasi awal, aku apply menggunakan situs Workable. Disini, kita akan menginput data diri dan mengisi kolom-kolom seperti pendidikan, pengalaman kerja, CV, dan juga essay. Basicly, tahap ini tidak jauh berbeda dengan proses lamaran pekerjaan lainnya. Yang terpenting, semua persyaratan yang diminta harus dilengkapi.

Salah satu persyaratan yang paling menarik adalah saat kita diminta untuk menulis my biggest achievement alias pengalaman yang paling membanggakan dalam hidup kita. Jujur, aku sendiri cukup excited kalau disuruh nulis yang beginian. Essay ini harus ditulis dalam bahasa Inggris, jadi perhatikan susunan kalimat dengan baik, ya. Jangan lupa cek dan ricek typo serta grammar error sebelum submit.

Online Test SHL

Setelah dinyatakan lulus, kamu harus bersiap ke tahapan tes selanjutnya, yaitu tes SHL. Pada tes ini, kita akan melalui 4 jenis ujian yaitu uji penalaran numeric, verbal, kuesioner kepribadian, dan juga motivation questionnaire. Jadi, di tes SHL ini, psikologis dan kemampuan akademik kita lah yang akan diuji. Berhubung SHL ini merupakan tes online, kita akan diberikan tenggat waktu untuk menyelesaikan semua tes yang disebutkan.

Apabila kamu merasa belum siap, kamu bisa latihan soal-soal tes SHL terlebih dahulu sebelum mulai ke tes yang sesungguhnya. Soalnya, kalau kita langsung mengerjakan tanpa persiapan, tentu sangat beresiko. Sebaiknya, kamu merasa yakin terlebih dahulu dengan kemampuan dan kecepatanmu dalam mengerjakan tes SHL, barulah kamu mencoba peruntunganmu. Oh iya, dalam mengerjakan tes ini, pastikan internetmu lancar, ya. Bisa gawat kalau harus refresh berkali-kali gara-gara internet lemot.

Final Interview

Beberapa waktu berlalu, aku pun mendapat pemberitahuan lulus final interview! What? Rasanya nggak percaya udah nyampe aja di tahap ini. Beberapa dokumen harus dipersiapkan dalam menghadapi interview seperti KTP, Pas Foto, BPJS, NPWP, hingga buku tabungan Bank Mandiri. Saat itu, ada 5 orang yang akan menghadapi interview. Kami mendapat nomor antrian dan akhirnya tibalah giliranku.

Proses interview ini berlangsung sekitar kurang lebih 30 menit. Ada 3 orang yang mewawancaraiku dengan pertanyaan yang diberikan secara bergiliran. Isu pertama yang dibahas adalah seputar kehidupan, keluarga, kuliah, pengalaman kerja, dan pengalaman organisasi. Kemudian, permasalahan yang dibahas menjadi lebih mendalam, seperti penyelesaian masalah, kelebihan dan kekuranganku, kesulitan yang pernah dihadapi saat bekerja, hingga rencanaku ke depannya.

Medical Check Up

Pengumuman jadwal medical check up ini diberikan langsung setelah final interview, sehingga jika kamu mendapat jadwal MCU ini, berarti selamat, kamu lolos! Eh, jangan terburu-buru senang, karena masih ada kemungkinan kamu tidak lolos saat Medical Check Up. Makanya, tahap ini jangan dianggap sepele.

Untuk MCU ini sendiri, kita akan menjalani serangkaian tes, seperti tes urin, tes mata, USG, tes darah, jantung, dan juga pernapasan. Tak hanya itu, berat badan dan tinggi badan kita juga akan diukur. Tes kesehatan ini terbilang lengkap, apalagi setelah tes darah pertama, dokter akan menyuruh kita untuk tidak makan selama dua jam untuk diambil darahnya lagi nanti.

Tipsnya, sebelum mengikuti medical check up ini, pastikan kamu cukup tidur di malam sebelumnya. Jaga makanmu agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak untuk menjaga kolesterolmu. Akan lebih baik jika kamu stop makan dan minum sekitar 6 jam sebelum tes, yaitu sekitar jam 12 malam hingga pagi.

Jika lolos tahap MCU, kita akan diberi pengumuman kurang lebih satu minggu kemudian. Proses yang akan dijalani selanjutnya adalah offering letter dan On Class Training sebelum menjalani On The Job Training. Oke sobat sebulan, sekian pemaparan aku soal tahapan tes di Bank Mandiri. Feel free to ask any question!

Tags:
Blog Comments

halo kak, mau tanya dong.. saya ikut rekrutmen mandiri dan udah lolos 2 tahap(assesment & tes kemampuan dasar). tahap selanjutnya tes kemampuan bidang, kira2 tesnya mengenai apa saja ya ? can u tell me where I can contact u? thanks

halo kak, mau tanya dong.. saya sedang mengikuti rekrutmen mandiri via dan lolos 2 tahap (assesment dan kemampuan dasar). Bulan juni ini ada tes lagi yaitu kemampuan bidang. bolehkah share kira2 apa saja yang ditanyakan dalam tes tersebut? apakah sudah menjurus ke perbankan atau masih umum? boleh minta kontaknya utk tanya2 lebih lanjut? 🙂

Leave a Comment