Pengalaman Interview Tokopedia

Halo sobat sebulan! Welcome to my jobseeking story. Mengingat boomingnya kerja di startup beberapa waktu lalu, aku pun mencoba untuk apply ke Tokopedia, the biggest e-commerce in Indonesia. Di antara  e-commerce serupa, Tokopedia memang mengukuhkan diri sebagai rajanya e-commerce dengan traffic lebih dari 150 juta orang per bulan. Angka ini 60 juta lebih besar daripada Bukalapak yang bertengger di posisi kedua ‘hanya’ dengan 90 jutaan pengunjung.

Nggak heran, pertumbuhan Tokopedia memang pesat. Karirnya juga menjanjikan, dengan budaya kerja yang solid dan customer oriented. Well, this is where I was hooked. I’m all about customer! Nggak cuma itu saja, review orang-orang yang pernah kerja di Tokopedia juga bagus banget. Makanya, aku pun semakin yakin untuk membuka situs Tokopedia.com/careers.

Online Application

Di situs karir Tokopedia ini terdapat banyak lowongan dengan description dan requirementsnya masing-masing. Aku sendiri menghabiskan cukup banyak waktu untuk mencari lowongan yang kira-kira sesuai dengan skill dan background knowledge yang aku punya. Buat sobat sebulan yang ingin apply juga, ada baiknya melakukan research terlebih dahulu mengenai tipe pekerjaan yang di inginkan, mengingat list vacancy nya sangat banyak.

Akhirnya, aku pun mencoba apply di posisi Customer Care Officer. Setelah klik register, aku diarahkan ke link tokopedia.wd3.myworkdayjobs, dimana aku diminta untuk register terlebih dahulu sebelum apply. Alur registernya sendiri sangat mudah menurutku, karena nggak perlu repot untuk buka email terlebih dulu untuk verifikasi.

Proses pertama pada proses registrasi ini adalah upload CV. Setelah itu, barulah kita diminta untuk mengisi basic information seperti nama, nomor telepon, alamat email, dan berbagai data diri lainnya. Begitu selesai, kita akan lanjut ke tahap selanjutnya yaitu mengisi kolom experience atau pengalaman. Bagian ini sebenarnya seperti memindahkan isi CV saja, namun usahakan untuk tetap menulisnya dengan bahasa yang rapi dan menarik tentunya.

Apabila semua data sudah lengkap, maka kita akan masuk ke pilihan preview, lalu submit. Jangan lupa, pastikan semua data sudah benar ya. Aku sendiri mencoba untuk ricek beberapa kali sebelum akhirnya memutuskan buat klik tombol submit. Selang sehari setelah apply, aku menerima email yang berisi undangan untuk melakukan FGD.

FGD (Focus Group Discussion)

Tahap kedua ini dilakukan di kantor Tokopedia yang terletak di Jakarta Barat. Saat itu, aku masuk ke dalam ruangan bersama sekitar 8 orang lainnya yang juga apply sebagai CCO. Kita tidak langsung melakukan FGD, namun mengerjakan soal yang diberikan oleh HRD terlebih dahulu. Soal-soal yang diberikan sendiri sangat customer related dan dituliskan di bagian belakang CV yang kita bawa. Aku sendiri berusaha untuk menulisnya dengan padat dan jelas, tapi nggak terlalu singkat, soalnya I had a lot to say.

Barulah setelah itu, kita lanjut ke tahap FGD. Disini, kita diberikan satu kasus yang harus dipecahkan dan dicari solusinya. Kasusnya sendiri hampir mirip dengan soal yang diberikan sebelumnya, hanya bedanya harus diselesaikan secara bersama-sama. Berhubung aku sendiri cukup sering ikut FGD, aku merasa cukup well-prepared. Aku menahan diri ketika ada yang kolot berdebat, dan baru berbicara ketika suasana tenang untuk menyampaikan pendapatku. I tried my best to not too dominating or too passive in this.

Akhirnya, setelah perdebatan yang cukup panjang, kelompok inipun akhirnya menemukan sebuah solusi yang disepakati bersama. Begitu FGD selesai, HRD mengatakan bahwa proses hari itu telah berakhir dan orang-orang yang lolos FGD akan dikabari sekitar 2 hari setelah FGD. Aku pun pulang sambil menunggu kabar selanjutnya.

Interview User

Sehari kemudian, aku mendapat kabar bahwa aku lolos ke tahap Interview User. Aku pun kembali ke kantor Tokopedia di jadwal yang sudah ditentukan. Meskipun aku selalu tegang setiap menjalani interview, aku bisa bilang bahwa suasana Interview di Tokopedia benar-benar ‘cair’ dan fun. Selama 20 menit, interviewer melontarkan berbagai pertanyaan tentang diriku, pengalaman kerjaku, pengalaman semasa kuliah, dan juga sedikit tentang pengalaman organisasi.

Tak hanya itu, aku juga ditanya sedikit soal tokopedia dan pekerjaan yang aku apply alias CCO. Thank God I did some research, jadinya bisa jawab meskipun sedikit-sedikit. Aku sendiri pulang begitu interview selesai, dan info kelanjutannya akan diberi tahu setidaknya 7 hari setelah proses interview berakhir. Kabarnya, proses setelah interview ini adalah offering untuk sign contract dengan Tokopedia. Will I make it? Let’s hope for the best!

Tags:
Leave a Comment